Beranda » Info Lombok » Terminal Bus, Pelabuhan Laut, dan Bandar Udara di Lombok

Ketika anda berkunjung ke pulau Lombok sangat penting bagi anda mengetahui informasi terkait Terminal Bus, Pelabuhan Laut, dan Bandar Udara yang berada di pulau Lombok. Mengapa demikian ? karena informasi tersebut akan membantu anda ketika ingin mengunjungi pulau Lombok.

Berikut ini, kami akan memberikan kepada ada informasi terkait Terminal Bus, Pelabuhan Laut, dan Bandar Udara yang berada di pulau Lombok.

Terminal Bus

1. Terminal Mandalika

Terminal Mandalika merupakan terminal bus terbesar di propinsi Nusa Tenggara Barat, yang berlokasi di jalan Sandubaya, kelurahan Sandubaya, kecamatan Mataram, kota Mataram, propinsi Nusa Tenggara Barat. Nama terminal ini diambil dari sebuah nama putri yang berparas cantik dan bijaksana yaitu putri Mandalika, yang sarat dengan cerita rakyat dari desa Pujut yang berada di kabupaten Lombok Tengah.

Ruang Tunggu Terminal Mandalika, Sumber IG @dinadianarahayu

Terminal Mandalika melayani rute bus antara propinsi seperti bus dari dan ke kota Jakarta, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Malang, dan Denpasar. Sedangkan antara kota dalam propinsi dari dan ke kota Bima, Dompu, Lombok Timur, dan Lombok Tengah.

2. Terminal Bertais

Terminal Bertais berlokasi di jalan Bertais, kelurahan Bertais, kecamatan Cakranegara, Kota Mataram, propinsi Nusa Tenggara Barat. Walaupun terminal Bertais berbeda lokasi dengan terminal Mandalika tetapi kedua Terminal ini berada saling berdempetan, sehingga jangan heran jika tujuan akhir anda ke terminal Bertais ternyata disampingnya terdapat terminal mandalika. Rute yang dilayani oleh terminal Bertais hanya bus antara kota dalam propinsi seperti terminal dari kota Bima, Dompu, Sumbawa, Lombok Timur, dan Lombok Tengah.

3. Terminal Damri

Terminal Damri berlokasi di jalan Ps. Bertais, kecamatan Cakranegara, kota Mataram, propinsi Nusa Tenggara Barat. Berbeda dengan terminal Mandalika dan Bertais yang melayani bus dengan berbagai perusahaan. Sedangkan di terminal Damri hanya melayani bus dari perusahaannya sendiri. Rute yang dilayani oleh terminal Damri dari dan ke Sumbawa, Lombok Timur, Lombok Tengah, dan Bandara International Lombok.

Bandar Udara

Bandar Udara International Lombok

Bandar Udara Internasional Lombok adalah satu-satunya bandar udara yang berada di pulau Lombok dan merupakan Bandara domestik dan internasional yang berlokasi di Kabupaten Lombok Tengah, provinsi Nusa Tenggara Barat. Bandara ini dioperasikan oleh PT Angkasa Pura I dan dibuka pertama kali pada tanggal 1 Oktober 2011 untuk menggantikan fungsi dari Bandara Selaparang kota Mataram.

Bandar Udara International Lombok, Sumber IG @momo_6068

Bandar udara ini melayani rute penerbangan domestik maupun international. Rute penerbangan yang dilayani meliputi dari dan ke Jakarta, Surabaya, Yogyakarta, Denpasar, Makassar, Bima, Sumbawa, dan beberapa rute penerbangan domestik dan international lainnya. Maskapai yang melayani rute domestik meliputi Garuda Indonesia, Merpati Nusantara, Lion Air, Wings Air, Citilink, Sky Aviation, Trans Nusa Aviation, Indonesia Air Transport (Non Reguler), dan Travira Air (Non Reguler). Rute internasional dilayani oleh Silk Air dan AirAsia.

Salah satu bus yang menjadi penghubung dengan Bandara International Lombok yaitu bus Damri dengan tujuan ke terminal Damri kota Mataram dan pantai Senggigi Lombok Utara. Sehingga bagi anda yang ingin menuju ibu kota propinsi yakni kota Mataram atau menuju pantai Senggigi maka dengan adanya bus Damri akan memudahkan anda mengunjunginya.

Pelabuhan Laut

1. Pelabuhan Lembar

Pelabuhan Lembar terletak di Kecamatan Lembar Kabupaten Lombok Barat. Di pelabuhan Lembar sendiri terdapat 2 pintu pelabuhan, yaitu pelabuhan ferry (pelabuhan timur) dan pelabuhan muat barang (pelabuhan barat). Di pelabuhan barat atau pelabuhan barang banyak kita jumpai kapal-kapal yang selalu membongkar muatan kapal mereka seperti pupuk, kayu, barang-barang kargo dan sebagainya. Di pelabuhan timur atau pelabuhan penumpang untuk menurunkan dan menaikkan penumpang yang akan berpergian ke Bali, Surabaya, Bima, Labuan Bajo, Kupang, dan Makassar.

Pelabuhan Lembar, Sumber IG @sngonek

Pelabuhan ini menjadi pelabuhan yang sering digunakan untuk melakukan penyeberangan dari dan ke Bali, apalagi jarak pulau Bali – Lombok dan Alternatif Transportasi Untuk Menempuhnya yang sudah tersedia sehingga meningkatkan penggunaan pelabuhan ini untuk penyeberangan wisatawan yang berwisata sekaligus di dua tempat yang berbeda yaitu pulau Bali dan Lombok.

Pada mulanya, Pelabuhan Lembar ini terletak di Pantai Ampenan kota Mataram kemudian Pelabuhan Pantai Ampenan dipindahkan ke daerah Lembar berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perhubungan KM. 77/LL305/PHB-77 tanggal 13 Oktober 1977. Selain itu, berdasarkan KM. 13/LL305/PHB-79 tanggal 11 Januari 1979, ditetapkan pengalihan kegiatan kepelabuhanan dari Pelabuhan Ampenan di kota Mataram ke Pelabuhan Lembar di Lombok Barat. Maka sejak itu, telah diadakan pengalihan kegiatan kepelabuhanan dari Ampenan ke Lembar hingga sekarang.

2. Pelabuhan Kayangan

Pelabuhan Kayangan terletak di desa Kayangan, Labuhan Lombok, Pringgabaya, kabupaten Lombok Timur. Pelabuhan ini melayani penyebrangan antara pulau Lombok dengan pulau Sumbawa yang masih dalam satu propinsi Nusa Tenggara Barat. Pelabuhan ini adalah pelabuhan laut Lombok yang berada di sisi timur, berbeda dengan Pelabuhan Lembar yang berada di sisi barat Pulau Lombok. Melalui pelabuhan ini, kita bisa menyebrang ke pulau-pulau sebelah timur Lombok terutama tetangga pulau Lombok yang menyimpan potensi wisata yang kaya yaitu pulau Sumbawa.

Dengan infromasi diatas, semoga dapat memberi kemudahan bagi anda untuk mengunjungi pulau Lombok dengan menggunakan alat transportasi yang anda inginkan. Bagi anda yang akan berwisata di pulau Lombok tetapi tidak memiliki alat trasnportasi pribadi selama di pulau Lombok kami menyarankan untuk menggunakan jasa rental mobillombok.com agar berwisata anda selama di pulau Lombok lebih mudah.

Review

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Komentar belum ada

Jika Anda Berkenan Tuliskan Komentar

Email anda tidak akan disebar luaskan. Kolom berbintang (*) wajib anda isi.

Komentar yang ingin anda berikan*Nama Anda*Isikan email Anda*Website anda saat ini

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.