082 339 443 335 info@mobillombok.com

Pulau Lombok sebagai destinasi wisatawan lokal, nasional, maupun mancanegara terus berupaya melakukan pembenahan demi menunjang sektor pariwisata, penunjang sektor pariwisata Pulau Lombok diantaranya tersedianya Terminal, Pelabuhan, dan Bandara Udara yang memadai sebagai jalur transportasi dari dan ke Pulau Lombok.

Pelabuhan Lembar menjadi salah satu jalur masuk laut wisatawan menuju Pulau Lombok, apalagi wisatawan yang melakukan perjalanan wisatawan ke Pulau Bali dan Lombok tentu memanfaatkan Pelabuhan yang satu ini sebagai jalur penyeberangan.

Lokasi Pelabuhan Lembar

Secara administratif Pelabuhan Lembar termasuk dalam wilayah Kecamatan Lembar, Kabupaten Lombok Barat. Jarak dari Kota Mataram sekitar 21,2 km atau jarak tempuh 32 menit jika menggunakan kendaraan roda empat.

Dermaga Pelabuhan Lembar

Pelabuhan Lembar terdapat 2 dermaga yakni dermaga ferry (warga Lembar biasa menyebutnya dengan dermaga timur) dan dermaga muat barang (warga Lembar biasa menyebutnya dengan dermaga barat).

Sejarah Pelabuhan Lembar

Pada mulanya, Pelabuhan Lembar terletak di Kota Tua Ampenan, Kota Mataram yang merupakan salah satu pelabuhan di bawah koordinasi Kedapel Daerah IV Surabaya. Pelabuhan Pantai Ampenan dipindah lokasinya ke daerah Lembar berdasarkan SK. MENHUB RI. KM. 77/LL305/PHB-77 tanggal 13 Oktober 1977. Berdasarkan KM.13/LL305/PHB-79 tanggal 11 Januari 1979 ditetapkan pengalihan kegiatan kepelabuhanan dari Pelabuhan Ampenan, Kota Mataram ke Pelabuhan Lembar, Lombok Barat, Propinsi Nusa Tenggara Barat.

Pengelolaan Pelabuhan Lembar

Untuk menunjang sektor pariwisata, sejak tahun 1993 terdapat kegiatan angkutan penyeberangan cepat dari Lembar, Lombok Barat – Benoa, Bali (PP) menggunakan kapal cepat jenis Hydro Foil dengan rata-rata penumpang tiap hari 100 orang. Pada musim tertentu (bulan November-Maret), Pelabuhan Lembar ramai dikunjungi kapal wisatawan baik nasional maupun mancanegara.

Hal ini telah ditunjang dengan keluarnya kebijaksanaan pemerintah melalui Surat Keputusan Menteri Kehakiman tanggal 30 November 1994 bahwa Pelabuhan Lembar telah ditetapkan sebagai daerah bebas visa kunjungan singkat. Pelabuhan Lembar kini menjadi pelabuhan dibawah koordinasi PT. Pelindo III (Persero) yang merupakan Badan Usaha Milik Negara yang bergerak dalam sektor perhubungan yang diberikan tugas, wewenang, dan tanggungjawab untuk mengelola Pelabuhan Umum pada 7 wilayah provinsi yang meliputi wilayah Jawa Timur, Jawa Tengah, Bali, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Di Pelabuhan Lembar selain terdapat dermaga umum juga terdapat dermaga penyeberangan yang dikelola dan diselenggarakan oleh PT. (Persero) Angkutan Sungai Danau dan Penyebrangan (ASDP) untuk melayani kapal-kapal penyeberangan lintas Lembar, Lombok Barat – Padang Bay, Bali (PP) dengan 36 mill laut.

Fasilitas Pelabuhan Lembar

Fasilitas penunjang yang tersedia di Pelabuhan Lembar, diantaranya :
a. Dermaga Barat (Bongkar muat barang).
b. Dermaga Timur (Ferry).
c. Trestle/Coastway.
d. Gudang Suplay.
e. Lapangan Penumpukan.
f. Lapangan Penumpukan (Non Permanaen).
g. Terminal Penumpang (Ruang Tunggu).
h. Lapangan Parkir.
i. Peralatan Bongkar/muat.
j. Prasarana Jalan.
k. Penerangan.
l. Fasilitas Air Tawar.
m. Fasilitas Bunker.
n. Fasilitas Docking/galangan Kapal.
o. Fasilitas Keselamatan Pelayaran.
p. Perlengkapan SAR.
q. Pemadam Kebakaran.
r. Gedung Kantor ADPEL.
s. Kantor PT. Pelindo.
t. Poliklinik Pelabuhan.
u. Mushalla/Masjid.

Tarif Pelabuhan Lembar

Pelabuhan Lembar adalah salah satu pelabuhan penyebrangan antar Pulau Lombok – Bali menggunakan kapal ferry yang telah disediakan oleh pihak ASDP. Kapal ferry yang beroperasi di Pelabuhan Lembar sebanyak 36 kapal yang terdiri dari berbagai jenis kapasitas penumpang mulai dari 200 s/d 400 orang.

a. Tarif kendaraan roda 4 terdiri dari beberapa 4 jenis golongan :
• Golongan IVA : Rp. 917.000 (Kendaraan mpv/suv atau sejenisnya).
• Golongan IVB : Rp. 827.000 (Kendaraan pickup dan sejenisnya).
• Golongan VA : Rp. 1.780.000 (Kendaraan mini bus dan sejenisnya).
• Golongan VI : Rp. 3.010.000 (kendaraan bus/mobil besar dan sejenisnya).

b. Tarif kendaraan roda 2 terdiri dari 2 jenis golongan :
• Golongan II : Rp. 129.000 (kendaraan roda 2 < 250 cc).
• Golongan II : Rp. 250.000 (kendaraan roda 2 > 250 cc ).

c. Tarif penumpang terdiri dari beberapa 2 jenis golongan :
• Golongan Dewasa : Rp. 46.000.
• Golongan anak-anak : Rp. 29.000 (diatas 5 tahun).

Jadwal Penyeberangan Pelabuhan Lembar

Terdapat 16 kapal penyeberangan dengan interval waktu pemberangkatan/kedatangan 1 s/d 2 jam dengan lama tempuh -+ 4 jam dalam 24 jam. Untuk penumpang yang akan berangkat bisa langsung menuju Pelabuhan Lembar karena pelabuhan ini beroperasi setiap hari (kecuali cuaca buruk keberangkatan akan ditunda).

Kalau anda sudah berada di Pelabuahn Lembar dan bingung dalam mencari tempat penginapan atau menuju ke tempat penginapan serta ingin berwisata kemana saja saat berada di Pulau Lombok tetapi tidak ada kendaraan, mobillombok.com menjadi alternatif bagi anda untuk menemani liburan anda selama di Pulau Lombok.