082 339 443 335 info@mobillombok.com

Lombok adalah destinasi wisata di Indonesia dengan pesona alam baharinya. Terdapat pantai dan gili yang menjadi tujuan banyak wisatawan mulai dari lokal hingga mancanegara. Daerah ini juga menjadi tujuan dari para penyelam dan snorkeling di Lombok.

Bagi pariwisata Lombok, Moto GP menjadi perhelatan yang dapat menguntungkan. Karena akan mendatangkan peserta mancanegara termasuk para wisatawan yang ingin menyaksikan perhelatan akbar ini. Terpilihnya Lombok sebagai tempat diadakannya event ini membuat sebagian penasaran, apa sih yang menjadikan Lombok tempat yang tepat untuk perhelatan ini?

Mengenal MotoGP

Grand Prix Motor (GP Motor) merupakan sebuah ajang kejuaraan dunia Balap Motor yang saat ini terbagi dalam tiga kelas mesin yang berbeda yakni Moto 2, Moto 3 dan Moto GP2. Motor-motor yang digunakan di MotoGP adalah motor yang dibuat khusus untuk balapan dan tidak dijual untuk umum. Hal ini berlawanan dengan beberapa balapan kategori produksi, seperti World Superbike yang melombakan versi modifikasi dari motor-motor yang tersedia untuk umum.

Balap MotoGP, sumber : sports.okezone.com
Balap MotoGP, sumber : sports.okezone.com

Dalam pengertian istilah yang sering dipakai sehari-hari oleh media maupun masyarakat, Grand Prix Sepeda Motor atau GP Motor sering kali disebut sebagai MotoGP meski sebetulnya istilah ini kurang tepat karena MotoGP merupakan salah satu kelas balapan yang diperlombakan. Satu kelas baru diperkenalkan mulai musim 2019 yaitu kelas Moto E yang memperlombakan sepeda motor prototype bertenaga elektrik.

Sirkuit adalah jalan yang melingkar atau berbentuk lingkaran yang dipakai untuk berbagai perlombaan. Biasanya sirkuit digunakan untuk perlombaan motor dan mobil khusus untuk dilombangkan bukan motor atau mobil yang dijual secara umum. Sirkuit yang memperhatikan faktor keamanan yang sangat tinggi baik untuk pembalap maupun penonton.

Sirkuit MotoGP Lombok

Street Race Circuit Cluster dibangun dengan lahan seluas 130 hektar. Biasa disebut oleh penggemar MotoGP sebagai Mandalika Street Race Circuit Cluster atau Sirkuit MotoGP Mandalika.

Pembangunan Sirkuit MotoGP berlokasi di jantung Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Mandalika Lombok. Tepatnya di Pantai Kuta, Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Konsep Sirkuit MotoGP Lombok

Sirkuit MotoGP Lombok, sumber : bangka.tribunnews.com
Sirkuit MotoGP Lombok, sumber : bangka.tribunnews.com

Di kawasan pariwisata KEK Mandalika yang dikelola oleh Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) akan dibangun sirkuit berkelas MotoGP dengan trek sepanjang 4,32 km dengan 18 tikungan dibangun dengan konsep “street circuit” yang merupakan bagian dari Distrik Entertainment dan Sport terpadu seluas 131 ha yang dikembangkan perusahaan global asal Prancis Vinci Construction Grand Project (VCGP) dan pembangunannya direncanakan dimulai Oktober 2019 dan ditargetkan selesai pada akhir 2020.

Sirkuit Mandalika berkonsep sirkuit jalanan, artinya, sirkuit ini dapat difungsikan sebagai jalan umum saat tidak digunakan untuk balapan. Sirkuit jalanan ini serupa dengan yang digunakan pada ajang balap Formula 1 di Singapura dan Monaco.

Sejak Mandalika Sirkuit Jalan Raya disepakati menjadi lokasi penyelenggaraan MotoGP di Indonesia, pembangunan mengikuti setiap proses perencanaan, khususnya homologasi sirkuit dengan hati-hati dan sesuai ketentuan, untuk memastikan sirkuit dapat digunakan mulai 2021 dengan tingkat keselamatan sesuai standar FIM dan Dorna.

Keunikan Sirkuit MotoGP Lombok

Sirkuit MotoGP Mandalika merupakan Street-Race Circuit (Sirkuit Jalan Raya) pertama di dunia yang dibangun dengan standar Federation Internationale de Motorcyclisme (FIM) dan Federation Internationale de l’Automobile (FIA) Sirkuit ini merupakan sirkuit pertama jalanan di dunia yang merupakan standar atau acuan baru bagi sirkuit lain. Sisi lain sirkuit ini, memiliki keistimewaan karena berada di tengah kompleks wisata Mandalika yang juga sering mengadakan festival Bau Nyale, sehingga menawarkan keindahan alam yang mempesona di pesisir pantai selatan Pulau Lombok.

Tuan Rumah MotoGP

Komplek Wisata Mandalika, sumber ig recipe30
Komplek Wisata Mandalika, sumber ig @recipe30

Jadwal resmi balapan MotoGP Mandalika untuk musim 2021 akan diumumkan pada Agustus 2020. ITDC menargetkan dapat melakukan uji kelayakan sirkuit pada akhir 2020. Selain menjadi tuan rumah balap MotoGP, Mandalika juga mendapatkan kontrak untuk menggelar FIM Superbike World Championship (WSBK).

Penyelenggaraan event MotoGP dan WSBK akan memberikan positioning yang kuat bagi Mandalika sebagai salah satu destinasi wisata terutama wisata olahraga di Indonesia. Pengembangan pariwisata di Mandalika berdampak positif bagi daerah. Di antaranya, penciptaan lapangan kerja langsung bagi Masyarakat Lombok dan Nusa Tenggara Barat, tambahan investasi lokal, dan menambah jumlah kunjungan wisatawan asing ke Indonesia hingga mencapai 300.000 orang per tahun.

Akomodasi Ke Sirkuit MotoGP Mandalika

Akses untuk menuju ke sirkuit jalan raya Mandalika akan dibangun jalur khusus sebagai penghubung dari Pusat Kota Mataram Ibu Kota provinsi Nusa Tenggara Barat dan Kecamatan Praya Ibu Kota Lombok Tengah. Tetapi jika Wisatawan penasaran dengan proses pembangunan sirkuit ini, bisa mampir ke kawasan Mandalika Pantai Kuta dengan menggunakan kendaraan pribadi atau umum.

Demi kemudahan Anda mengunjungi lokasinya, Alangkah baiknya menggunakan kendaraan pribadi atau jasa sewa mobillombok.com karena transportasi umum seperti bus hanya tersedia dari Kota Mataram sampai Kecamatan Praya. Sedangkan dari Kecamatan Praya sampai ke Pantai Kuta memakai ojek pengkolan.

Jarak Kota Mataram ke Kecamatan Praya sekitar 35 km dengan waktu tempuh sekitar 50 menit. Dilanjutkan perjalanan dari Kecamatan Praya ke kawasan Mandalika Pantai Kuta dengan jarak 24 km atau waktu tempuh 27 menit.

Sebelum pembangunan Sirkuit Jalan Raya Mandalika rampung. Alangkah baiknya melihat kondisinya saat proses pembangunan berlangsung. Biar bisa merasakan perbedaan antara sebelum dan sesudah pembangunan.

Itu dia beberapa informasi terkait perhelatan MotoGP yang rencananya akan diadakan di salah satu daerah wisata Indonesia yaitu Lombok. Semoga Lombok masih terus bisa mengembangkan pariwisatanya untuk menjadi yang terbaik.

Simak berbagai ulasan terkait spot wisata di Lombok lainnya di halaman mobillombok.com. Jika memiliki saran, kritik dan pertanyaan, silahkan berikan di kolom komentar.