Berkunjung ke pulau Lombok akan terasa kurang jika tidak membawa pulang oleh-oleh makanan atau minuman khas Nusa Tenggara Barat. Oleh-oleh makanan atau minuman dari Lombok sangat beragam diantaranya dodol rumput laut, abon dan sambal, madu asli Sumbawa, susu kuda liar Sumbawa, dan lain-lain. Paling penting makanan dan minuman khas Nusa Tenggara Barat yang direkomendasikan ini diyakin enak dan yang pastinya halal.

Berikut ini beberapa daftar makanan dan minuman khas Nusa Tenggara Barat yang bagus untuk dijadikan oleh-oleh.

Dodol Rumput Laut Lombok

Mungkin saat anda mendengar dodol sudah hal yang biasa tetapi bagaimana kalau mendengar dodol rumput laut, wah ! pasti penasarankan. Ternyata di Lombok ada loh guys dodol dari rumput laut yang rasanya tidak kalah enaknya dengan dodol lain di Indonesia.

Dodol rumput laut, oleh oleh makanan khas lombok nusa tenggara barat

Dodol rumput lau, sumber ig @oleholehlombok

Jika anda mengunjungi Lombok jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang satu ini, agar tidak penasaran bagaimana rasa dodol rumput laut dari Lombok. Harganyapun lumayan murah dari Rp. 10.000,- sehingga dapat menjangkau kantong semua kalangan.

Abon dan Sambal Lombok

Makanan khas yang satu ini mungkin sudah tidak asing lagi terdengar ditelinga wisatawan, memang “abon dan sambal” bukan hanya berada di pulau Lombok tetapi juga berada hampir di daerah wisata pesisir di Indonesia.

Abon dan Sambal Khas Lombok

Abon dan Sambal Khas Lombok sumber ig @aboneselombok

Tetapi apa salahnya jika berkunjung ke pulau Lombok membeli abon dan sambal khas Lombok karena harganya cukup terjangkau mulai dari Rp. 30.000,- dan rasanya tidak kalah enaknya dengan abon dan sambal daerah lain di Indonesia. Selain itu, ada banyak varian abon dan sambal khas Lombok diantaranya sambel belut, sambel cumi, sambel ikan asin, abon ayam, abon sapi, dan abon tenggiri. Daripada penasaran seperti apa rasanya mending coba dibeli untuk dijadikan oleh-oleh untuk keluarga atau kerabat di rumah.

Baca juga : Kerajinan Khas Lombok Yang Menarik

Madu Asli Sumbawa

Namanya saja sudah ada tulisan “Sumbawa” berarti madu yang satu ini bukan berasal dari Lombok melainkan dari Sumbawa, emang sih ! madu asli yang dijual di pulau Lombok bukan asli pulau Lombok melainkan pulau Sumbawa tetapi tidak mengapa ? lagian pulau Sumbawa dan pulau Lombok masih satu propinsi juga kok, jadi tidak ada perbedaan terutama pada cita rasa dan khasiat madu asli yang satu ini.

Madu sumbawa asli khas nusa tenggara barat

Madu Sumbawa, sumber ig @madusumbawa_widohoney

Dinamakan madu asli Sumbawa karena diproduksi di pulau Sumbawa dan dijual di pulau Lombok, madu asli yang satu ini memang benar-benar asli dan sangat berkhasiat untuk tubuh manusia sehingga harganya terbilang cukup mahal, mulai dari Rp. 100.000,- dan yang menjualnyapun tidak banyak karena panen madu di pulau Sumbawa tidak seperti membuat makanan satu hari langsung jadi ya guys ! tetapi harus butuh proses, waktu panennya dari bulan februari hingga april. Sehingga bagi wisatawan yang ingin membeli madu asli Sumbawa di pulau Lombok mohon datang pada bulan februari sampai april agar tidak kehabiasan.

Susu Kuda Liar Sumbawa

Selain madu asli Sumbawa yang dijual di pulau Lombok ternyata ada juga susu kuda liar dari Sumbawa, kalau oleh-oleh yang satu ini memang hanya ada di pulau Sumbawa dan di pulau Lombok untuk menemukan penjualnya, kalau di daerah lain selain dua pulau ini memang ada tetapi tidak semurah dan seenak dari dua pulau ini.

Dinamakan susu kuda liar bukan karena diambil dari susu kuda yang benar-benar liar ya guys ! tetapi kuda-kuda tersebut memang sengaja dilepas secara liar agar dapat mencari makanan dengan bebas tetapi masih dalam pantauan kok jadi tidak bakalan hilang kok guys kuda-kudanya. Harga susu kuda liar mulai dari Rp. 85.000 ya guys!, susu kuda liar Sumbawa memang sangat terkenal akan khasiatnya untuk tubuh manusia sehingga tidak jarang banyak wisata yang datang jauh-jauh dari luar pulau Lombok atau pulau Sumbawa hanya ingin membeli susu kuda liar.

Itulah daftar beberapa makanan dan minuman khas Nusa Tenggara Barat yang kami rekomendasikan kepada anda agar bisa dijadikan oleh-oleh saat berwisata ke pulau Lombok.

Bagi anda yang akan berwisata ke pulau Lombok jangan lupa untuk membeli oleh-oleh yang direkomendasi diatas. Kalau bingung saat ingin membeli oleh-oleh diatas karena tidak ada kendaraan, tenang saja ada jasa rental mobil di Lombok seperti kami ini, kami tidak hanya menemani wisata anda untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada di pulau Lombok tetapi juga menemani perjalanan anda untuk mengunjungi tempat-tempat yang menjual oleh-oleh yang direkomendasikan diatas.