082 339 443 335 info@mobillombok.com

Bagi anda yang berkeinginan berwisata ke pulau Lombok dan Sumbawa datanglah saat diadakan festival-festival di Propinsi Nusa Tenggara Barat diadakan, agar berwisata anda menjadi lebih menyenangkan. Festival apa saja yang ada di Propinsi Nusa Tenggara Barat, berikut ini informasinya kami berikan untuk anda :

1. Festival Bau Nyale Mandalika

Festival Bau Nyale Mandalika adalah salah satu festival turun termurun Suku Sasak yang ada di pulau Lombok dan diadakan setiap tanggal 20 Oktober. Didalam festival ini, ribuan orang menangkap cacing laut di sepanjang pantai Pulau Lombok. Cacing-cacing laut ini dikenal dengan sebutan Nyale yang dipercaya sebagai jelmaan Putri Mandalika.

Festival Bau Nyale

Putri Mandalika dikenal sebagai Putri dengan paras cantik jelita yang memilih menceburkan diri ke laut untuk menghindari peperangan antara Pangeran yang memperebutkan dirinya. Legenda Putri Mandalika dikenal hampir di seluruh penjuru pulau Lombok. Putri Mandalika sendiri merupakan putri dari pasangan Raja Tonjang Beru dan Dewi Seranting.

2. Festival Tambora

Festival Tambora adalah festival yang diadakan untuk memperingati meletusnya gunung Tambora pada April 1815 silam yang meluluh lantahkan pulau Sumbawa kala itu. Bahkan 3 Kerajaan yang berada di kaki gunung Tambora yakni Kerajaan Pekat, Kerajaan Tambora, dan Kerajaan Sanggar lenyap seketika.

Festival Pesona Tambora

Festival Pesona Tambora pertama kali diadakan April 2015 dalam rangka memperingati meletusnya gunung Tambora kedua Abad (200 tahun) dengan nama “Tambora Menyapa Dunia”. Sampai sekarang festival Tambora masih diadakan setiap tahun dengan nama yang semula “Tambora Menyapa Dunia” menjadi “Festival Pesona Tambora”. Festival tahunan ini menyuguhkan banyak acara menarik, seperti Festival Mantar di Kabupaten Sumbawa Barat, Festival Lawata di Kota Bima, Festival Teluk Bima di Kabupaten Bima, hingga acara puncak Festival Tambora di Kabupaten Dompu.

3. Festival Bulan Pesona Lombok Sumbawa

Festival Bulan Pesona Lombok Sumbawa

Fesitval Bulan Pesona Lombok Sumbawa (BPLS) adalah festival tahunan yang digelar oleh Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat. Festival BPLS ini digelar salah satunya untuk mendongkrak kunjungan wisatawan ke Propinsi Nusa Tengga Barat. Tahun 2018 menjadi perayaan kelima BPLS yang diisi dengan 14 rangkaian acara besar, diantaranya yaitu Mataram Night Run, Festival Kota Tua Ampenan, Lombok Begending, Gili Tramena Begawe, Festival Senggigi, hingga Sail Indonesia Moyo Tambora.

4. Festival Moyo

Festival Moyo merupakan festival tahunan yang diadakan oleh Pemerintah Daerah Kabupaten Sumbawa. Pada festival ini seluruh tradisi asli setiap Kecamatan yang ada di Kabupaten Sumbawa ditampilkan.

Festival Pesona Moyo

Festival ini dinamakan festival Moyo karena di pulau Sumbawa terdapat sebuah pulau kecil yang memiliki keindahan dan nilai eksotisme yang tinggi, dibalut dengan panorama alam dan keindahan bawah laut yang memukau, pulau tersebut bernama pulau Moyo. Tujuan diadakan festival ini sebagai ajang promosi destinasi wisata dan budaya sekaligus menarik wisatawan agar mengenal lebih dekat tentang Pulau Sumbawa.

Bagaima guys, apakah anda penasaran dengan festival-festival yang ada di Nusa Tenggara Barat. Kalau penasaran datang berwisatalah ke Pulau Lombok dan Sumbawa saat festival-festival diatas diadakan.