082 339 443 335 info@mobillombok.com

Jika kita melihat peta, maka dari deretan pulau-pulau besar setelah Kalimantan, Sumatera, Jawa dan kemudian ada Lombok. Secara geografis Pulau Lombok berada di sebelah timur pu;au Bali. Dengan diapit oleh dua selat yaitu Selat Bali di dekat pulau Bali dan Selat Lombok di bagian timur pulau Lombok.

Masjid Islamic Center Lombok yang mendukung wisata halal. Sumber IG @emilelephant

Pulau Lombok masuk pada kategori pulau besar dan merupakan pulau terbesar ke 108 di seluruh dunia. Dengan luas 5.435 km2 pulau Lombok pada tahun 2001 tercatat berpenghuni lebih dari dua juta jiwa. Dengan kondisi pulau yang cukup luas, maka pulau Lombok terbagi menjadi lima bagian administratif, yaitu empat kabupaten dan satu kota. Di pulau tersebut tersimpan keindahan dan fakta unik yang mendorong wisatawan mengunjunginya.

Fakta Menarik di Pulau Lombok

Memiliki Puncak Terindah

Pemandangan di pulau Lombok yang indah dan cenderung berupa pegunungan, maka wisata alam di Lombok berkembang pesat. Salah satu puncak tertinggi ketiga di Indonesia berada di pulau Lombok yaitu gunung Rinjani. Puncak gunung Rinjani merupakan salah satu puncak terbaik se Asia bagi pendakian. Olaeh karena itu banyak pendaki baik lokal ataupun dari luar negeri berdatangan ke gunung Rinjani

Dengan didukung kesadaran masyarakat akan potensi wisata alamnya, maka geliat wisata pendakian di gunung Rinjani tak pernah sepi. Hal ini di buktikan dengan bermunculannya penyedia jasa sewa mobil di Lombok yang di dirikan oleh masyarakat lokal.

Pulau Wisata Yang Mayoritas Penduduknya Petani

Meskipun kondisi pulau sebagian besar berupa pegunungan, sebagian besar mata pencaharian penduduk pulau Lomnbok adalah petani. Karena lahan pertanian di Pulau Lombok masih luas dan sebagian besar subur maka hasil pertaniannya pun bermacam-macam. Di bagian utara pulau menghasilkan hasil pertanian berupa padi, jagung, kedelai dan juga tembakau. Sedangkan bagian selatan pulau Lombok menghasilkan padi dalam masa panen sekali setahun dikarenakan daerahnya cenderung kering dan berbukit.

Didiami Berbagai Suku

Mayoritas penduduk asli pulau Lombok adalah suku sasak yang mayoritas menganut agama Islam. Di pulau ini dahulunya juga terdapat Kerajaan Selaparang. Sejarah berdirinya Kerajaan Selaparang tidak bisa dipisahkan dari penyebaran agama Islam.

Sekitar 15% populasi pulau Lombok adalah penganut Hindu. Rata-rata mereka berasal dari Bali dan turun temurun menetap di Lombok. Selain itu terdapat penganut Kristen dan Budha yang merupakan masyarakat pendatang dari luar Lombok maupun Bali.  Selain Suku Sasak yang populasinya mencapai 80%, masyarakat pulau Lombok terdiri dari beragam etnis. Kita bisa menemui etnis Jawa, Arab dan Tionghoa.

Destinasi Wisata Halal Terbaik

Dengan sebagian besar agama yang dianut adalah agama Islam maka Lombok menjadi salah satu destinasi wisata halal terbaik dunia pada World Halal Tourism Award di Dubai pada 2017. Pada tahun 2019 ini, Global Muslim Travel Index (GMTI) menganugerahkan Indonesia sebagai tujuan wisata halal terbaik. Dan salah satu pendukung wisata halal terbaik ini adalah wisata di pulau Lombok. Wisata religi di pulau Lombok juga berkembang pesat. Salah satunya adalah wisata religi masjid agung Islamic Center Mataram. Maka pantas saja pulau Lombok mendapatkan julukan sebagai pulau seribu masjid.

Gili Kedis dengan pantai pasir putihnya. Sumber IG @beat_packer

Mempunyai Obyek Wisata Pulau Pulau Kecil

Di Lombok siapa yang tak mengenal Gili Trawangan. Gili merupakan pulau-pulau kecil yang tersebar di perairan Lombok. Pulau-pulau kecil itu nampak asri dengan pasir putihnya yang menawan. Biasanya wisatawan menuju gili tersebut dengan perahu. Mereka ke sana dengan berbagai tujuan. Wisatawan yang hendak melakukan aktivitas snorkeling ke Gili Bidara atau sekedar berjemur dan menikmati indahnya pantai pasir putih ke Gili Kedis.

Untuk menuju ke sana tidak perlu bingung, para penyedia jasa layanan paket wisata di Lombok akan memberikan berbagai paket wisata menarik dengan tujuan wisata sesuai keinginan klien. Oleh karenanya jika anda memiliki rencana liburan ke Lombok segera siapkan segala sesuatunya. Kita bisa mencari informasi tempat wisata menarik di Lombok dan juga persiapan baik akomodasi, transportasi dan yang penting lagi adalah dokumentasi. Jangan sampai moment di tempat terbaik Indonesia ini tidak menyisakan kenangan sedikitpun gara-gara kita lupa tidak membawa perangkat untuk dokumentasi.