082 339 443 335 info@mobillombok.com

Desa Wisata Tetebatu terletak di daerah Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Jika ditempuh dari Kota Mataram, lokasi ini dapat ditempuh dengan jarak sekitar 2 Jam perjalanan. Saat ini Tetebatu merupakan salah satu destinasi wisata yang dituju wisatawan untuk menikmati keindahan langsung pemandangan pegunungan dari kaki Gunung Rinjani.

Tetebatu sangat cocok untuk Anda yang penat dengan suasana padatnya perkotaan. Mulai dari padatnya kendaraan, tingkat polusi udara yang besar, hingga tidak adanya pemandangan yang menyejukkan. Sedangkan di desa ini Anda bebas dari polusi udara akibat padatnya kendaraan, selain itu Anda juga dapat melepas penat dengan menyaksikan pemandangan alam yang indah dari Lombok Timur.

Pemandangan pegunungan yang dilengkapi dengan hamparan sawah hijau dapat Anda jadikan sebagai obat penyembuhan bagi rasa stres selama ini. Selama berada di Lombok, Anda bisa menggunakan jasa sewa mobil lombok lepas kunci untuk akomodasinya. Dengan menggunakan jasa sewa mobil tersebut Anda bisa dengan leluasa mengelilingi Lombok untuk menghabiskan waktu liburan.

Desa Wisata Tetebatu Lombok, Sumber : pejalan.id
Desa Wisata Tetebatu Lombok, Sumber : pejalan.id

Perjalanan yang memakan waktu yang tidak sebentar dari Bandara Internasional Lombok akan terbayarkan dengan pemandangan dari Desa Tetebatu yang terletak di Selatan kaki Gunung Rinjani. Untuk sampai ke desa wisata ini sebenarnya juga bisa menggunakan transportasi umum. Namun akan menyita waktu dan tenaga Anda, karena jika menggunakan transportasi umum harus melakukan transit terlebih dahulu.

Jadi tidak bisa langsung menuju ke Desa Wisata Tetebatu, sehingga jika Anda tidak suka terlalu lama di perjalanan bisa menyewa jasa mobil seperti yang telah disarankan sebelumnya. Ada beberapa destinasi wisata di Tetebatu Lombok Timur yang bisa Anda kunjungi. Jika Anda berkunjung ke Lombok jangan lupa mampir ke desa Tetebatu ya untuk menikmati keindahan alamnya yang mempesona.

Tempat Wisata Tetebatu Lombok

Berikut di bawah ini ada beberapa destinasi wisata yang sayang sekali jika tidak Anda kunjungi saat berada di Lombok. Untuk Anda yang merindukan nuansa alami dari pedesaan bisa merasakan langsung sensasinya dengan mengunjungi beberapa tempat di bawah ini.

1. Wisata Air Terjun

Wisata air terjun Tetebatu Lombok Timur dapat menjadi pilihan pertama saat Anda berkunjungi wilayah ini. Ada beberapa air terjun yang bisa Anda kunjungi, beberapa diantaranya adalah Air Terjun Jeruk Manis, Air Terjun Burung Walet, Air Terjun Seme Deye, Air Terjun Ulem-ulem, serta Air Terjun Kokok Duren. Anda bisa mengunjungi wisata tersebut dalam satu hari atau sesuaikan saja dengan jadwal yang telah dibuat.

Sedikit tambahan informasi untuk Anda, di Air Terjun Jeruk Manis nantinya Anda akan melihat berbagai jenis tanaman. Pemandangan ini akan Anda jumpai pada saat berjalan menuju lokasi dengan melewati jalan setapak. Bukan hanya itu saja, selain berbagai jenis tumbuhan Anda juga bisa melihat langsung bagaimana kehidupan liar dari beberapa hewan misalnya saja Kera atau bahkan Rusa.

Wisata air terjun di Tetebatu, Sumber : triptrus.com
Wisata air terjun di Tetebatu, Sumber : triptrus.com

2. Wisata di Monkey Forest

Eits jangan salah, Desa Wisata Tetebatu Lombok juga memiliki hutan monyet loh atau biasa disebut dengan Monkey Forest. Di sini Anda akan bertemu dengan kawanan monyet yang sudah siap menyambut kedatangan Anda. Anda bisa menggunakan jasa pemandu dari warga lokal untuk memandu wisata Anda ketika berada di hutan monyet ini.

Baca juga : Desa Wisata yang Memiliki Industri Kerajinan di Lombok

Selain bertemu dengan kawanan monyet, Anda juga akan menjumpai berbagai jenis burung yang menempati hutan ini. Oleh sebab itu, Anda akan mendengar berbagai kicauan burung pada saat memasuki area hutan monyet ini. Sangat mengasyikkan bukan pergi berlibur ke sini?

Monkey Forest Tetebatu, Sumber : news.mongabay.com
Monkey Forest Tetebatu, Sumber : news.mongabay.com

3. Perkebunan Tembakau

Saat pergi wisata ke Desa Tetebatu, Anda bisa mengunjungi perkebunan tembakau. Anda bisa dengan leluasa melihat langsung hamparan keindahan pemandangan dari perkebunan tembakau tersebut. Perlu Anda ketahui bahwa tanaman tembakau merupakan salah satu produk andal di daerah Lombok. Bahkan kualitas yang dimiliki tembakau di Tetebatu ini mempunyai kualitas yang internasional.

Perkebunan tembakau Lombok, Sumber : komunitaskretek.or.id
Perkebunan tembakau Lombok, Sumber : komunitaskretek.or.id

4. Kebun Hortikultura

Selain terdapat perkebunan tembakau, Desa Wisata Tetebatu juga memiliki perkebunan hortikultura. Produk andalan dari perkebunan ini ialah buah pala. Buah pala merupakan salah satu produk olahannya yang siap untuk dinikamti. Bahkan dapat dijadikan sebagai oleh-oleh yakni manisan buah pala. Terdapat efek samping ketika mengonsumsi manisan ini yaitu mengantuk. Sehingga dapat berfungsi sebagai obat tidur yang alami.

Ilustrasi kebun hortikultura, Sumber : hortikultura.pertanian.go.id
Ilustrasi kebun hortikultura, Sumber : hortikultura.pertanian.go.id

Fasilitas di Desa Wisata Tetebatu

Jika Anda memutuskan berkunjung ke Desa Tetebatu maka jangan khawatir, saat ini sudah tersedia beberapa homestay yang siap untuk Anda sewa. Sehingga Anda tidak perlu khawatir lagi jika ingin menghabiskan beberapa malam di desa dengan pemandangan yang menakjubkan ini. Selain itu juga terdapat beberapa tempat makan yang tersedia di sini.

Untuk harga menyewa penginapan di sini, Anda perlu menyiapkan biaya mulai dari Rp. 100.000 hingga Rp. 650.000 per malam. Namun biaya tersebut dapat berubah-ubah tergantung dengan kondisinya. Berikut beberapa daftar penginapan yang ada di daerah Tetebatu.

  • Les Rizieres Lombok
  • Wina Wani Bungalows
  • Mu Homestay
  • Second Home Bungalows
  • Al Sasaki
  • Tereng Wilis bungalows
  • Vanilla Cottage Tetebatu
  • Bale Kembang Kuning
  • Vanilla Garden
  • Bunga Homestay

Untuk mengetahui harga pasti dari sewa beberapa penginapan di atas, Anda bisa menghubungi pihak pengelolanya langsung. Selain itu Anda juga bisa sekalian menanyakan mengenai fasilitas apa saja yang akan Anda dapatkan selama menginap di penginapan tersebut.

Penginapan Second Home Bungalows di Tetebatu, Sumber : booking.com
Penginapan Second Home Bungalows di Tetebatu, Sumber : booking.com

Informasi Tambahan

Saat ini Desa Wisata Tetebatu yang berada di Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat resmi mewakili Indonesia dalam lomba internasional Best Tourism Village. Lomba ini diselenggarakan oleh United Nations World Tourism Organization (UNWTO). Dilansir dari Travel Kompas, kabar ini diperoleh dari Kepala Dinas Pariwisata NTB yang didapatkan dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf).

Itu tadi informasi yang dapat kami sampaikan mengenai keindahan alam dari selatan kaki Gunung Rinjani. Bagi Anda yang berencana untuk pergi liburan ke Lombok, kami juga menyediakan berbagai paket yang bisa Anda pilih. Untuk informasi lebih lanjut mengenai berbagai paket tour kami, Anda bisa menghubungi ke kontak yang tertera di laman website Mobil Lombok.