082 339 443 335 info@mobillombok.com

Peradaban manusia mengenal beragam kerajinan sebagai pelengkap hidup mereka. Bahkan kerajinan yang dihasilkan dari rasa yang diwujudkan dalam bentuk kerajinan, memiliki kesan yang cantik dan menawan. Termasuk kerajinan batu paras yang ada di Lombok, kualitas dan keindahannya sudah terkenal hingga mancanegara.

Batu sebagai material yang terbentuk alami di alam tentu memiliki beragam manfaat bagi manusia. Beberapa yang dibuat kerajinan pun selain mudah untuk dibentuk, juga memiliki corak yang cantik. Maka dari itu batu tidak hanya sebatas sebagai material bangunan, namun juga untuk kerajinan.

Lombok sebagai daerah yang memiliki bentang alam yang menakjubkan serta sumber daya yang melimpah, telah membuktikan mampu merubah batuan menjadi sebuah kerajinan. Hal tersebut tentu mampu memberikan nilai tambah pada Lombok selain dari segi wisata.

Bahkan beberapa produk dari kerajinan batu paras Lombok tidak hanya laku pada pasaran lokal. Diantaranya ada yang telah menembus pasar ekspor seperti ke negara Belgia, Jepang, Malaysia, Arab Saudi dan bahkan ke Amerika Serikat. Kerajinan batu jenis ini memang memiliki daya tarik besar setelah menjadi produk kerajinan.

batu paras ada di lombok
Selain memiliki destinasi wisata menawan Lombok juga punya kerajinan dari batu, sumber : pixabay.com

Produk Kerajinan Batu Paras Lombok

Batu paras dapat dibentuk menjadi model apapun, tergantung fungsi dan keinginan pemesan. Namun beberapa produk yang laris diantaranya adalah :

1. Nisan

Produk pertama dari kerajinan batu paras yang laris adalah nisan yang digunakan pada makam. Selain karena memang kebutuhan pada nisan selalu ada karena kematian manusia yang tidak bisa dihindari, keindahan produk pun menjadi daya tarik sendiri.

Batu paras adalah bahan favorit selain marmer untuk batu nisan. Bedanya batu paras tidak perlu dipoles untuk menjaga keindahannya, marmer akan tetap cantik saat dirawat dengan jasa poles marmer. Selain itu harga keduanya juga memiliki perbedaan yang cukup tinggi.

2. Tempat Air Mancur

Meskipun air mancur pada kolam bisa diberikan begitu saja, namun dengan diberikan ornament batu paras akan nampak lebih indah. Maka dari itu tempat air mancur dari batu paras memiliki banyak peminat, termasuk yang berasal dari Lombok.

Terlebih jika tempat air mancur tersebut dipadukan dengan tanaman tertentu, serta kolam diberikan relief. Kolam akan semakin nampak indah dan memberikan nuansa yang menawan.

batu paras dapat diukir
Batu paras dapat dibuat berbagai kerajinan, sumber : lombokatraktif.blogspot.com

3. Hiasan Dinding

Produk kerajinan yang satu ini sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Banyak rumah yang menggunakannya baik dengan ukuran kecil hingga besar. Maka dari itu tidak mengherankan jika produk kerajinan dari batu paras untuk hiasan dinding memiliki banyak peminat.

Selain karena dapat dibentuk sesuai dengan pesanan, batu tidak begitu berat. Sehingga ketika ditempelkan pada dinding tidak riskan terjatuh. Terlebih warna yang menawan membuat dinding nampak menawan.

Banyaknya pembeli produk kerajinan batu dari Lombok ini memiliki banyak sebab. Selain kualitas yang baik, media cetak dan elektronik turut membantu dalam pemasarannya. Sehingga pemasaran dapat menjangkau berbagai tempat termasuk mancanegara.

Daerah Penghasil Batu Paras Di Lombok

Saat ini Lombok sebenarnya memiliki banyak tempat produsen kerajinan ini, namun beberapa yang lebih populer diantaranya adalah :

Senggigi (Lombok Barat)

Pastinya anda pernah mengenal Senggigi bukan? Kota satu ini terkenal dengan destinasi wisata pantainya yang memesona. Namun selain itu ternyata Senggigi juga daerah penghasil kerajinan batu paras di Lombok.

Bahkan kerajinan batu paras yang dihasilkan dari Senggigi banyak yang diberikan ornament tertentu. Ornament tersebut mambu memberikan kesan yang indah pada hasil kerajinan. Bahkan ornament pun dapat disesuaikan dengan pesanan dan keinginan dari para konsumen.

Hasil kerajinan dengan diberikan ornament sebagai pernak-perniknya selain digunakan oleh rumah, juga bisa digunakan untuk mempercantik hotel hingga rumah makan. Bahkan tidak sedikit cafe di Lombok yang juga menerapkan hasil kerajinan tersebut untuk membuat para pengunjung kerasan.

batu paras dabat dibuat kerajinan
Pengrajin batu paras di Lombok cukup banyak, sumber : batualamlombok.com

Desa Kidang (Lombok Tengah)

Selain di Lombok Barat juga ada penghasil kerajinan jenis batu ini, yaitu di daerah Lombok tengah. Tepatnya berada di Desa Kidang. Tidak kalah dengan produk dari kota Senggigi, produk kerajinan dari desa satu ini diberikan ukitan-ukiran yang dipahat. Bahkan ukiran tersebut membuat kerajinan terlihat artistic dan menawan.

Pemanfaatan batu paras di des aini sebenarnya sudah berlangsung sejak tahun 1995. Namun pada saat itu fokus produksi masih pada pembuatan nisan untuk makam. Namun seiring perjalanan waktu, permintaan sudah merambah ke berbagai hiasan. Baik seperti hiasan dinding, meja bahkan patung.

Selain kedua tempat tersebut di Lombok masih ada tempat penghasil kerajinan yang lainnya. Terlebih terbukanya Lombok sebagai tempat yang memiliki destinasi wisata yang memiliki banyak peminat. Keberadaan kerajinan-kerajinan disana pastinya akan menambah referensi oleh-oleh bagi para wisatawan.

Apalagi dukungan bahan baku yang masih melimpah. Contohnya seperti yang berada di Pantai tebing Lombok. Daerah tersebut selain sebagai objek wisata, juga terdapat tebing-tebing yang memiliki banyak bebatuan. Jika di daerah tersebut banyak dijumpai, pastinya di tempat yang lain juga banyak jumlahnya.

Nah apakah anda pernah berlibur ke destinasi-destinasi wisata di Lombok? Jika belum, ada baiknya anda memasukkan kerajinan batu paras sebagai salah satu referensi untuk di saksikan. Bahkan anda juga membelinya karena pengiriman saat ini semakin mudah, baik dengan jalur laut ataupun jalur udara.